Saturday, December 10, 2011

Coretan #3

Hujan sore ini tanpamu. Di tempat yang sama, di tempat di mana kita bersua untuk pertama kalinya. Ini Nin, yang pernah kukatakan padamu. Bahwa selalu ada tempat istimewa, yang mengingatkan kita pada orang-orang istimewa.

Tahukah kamu, Nin? Aku sudah mengakrabi tempat ini sekian lama. Saat usiaku masih bisa diacungkan oleh jari-jari kita. Saat aku menyeriusi waktu-waktu bermainku.

Waktu itu, aku begitu kagum pada para kakak yang berjalan dengan penuh semangat menyambut panggilan-Nya ke tempat ini. Terpesona pada yang membaca kalam-Nya dengan khusyu' di pelatarannya. Atau kepada yang asyik berdiskusi bahkan belajar dengan ramai. Ah, sampai kini pun. Sampai kini pun aku masih merasa demikian adanya.

Nin, dulu sekali aku pikir air di tempat ini adalah air yang dikeluarkan dari lemari pendingin. Karena kakiku seringkali tergelitik dalam gigil saat mengambil wudhu, atau sekadar mengusap mukaku. Kini, dinginnya tak sama lagi. Mungkin karena polusi makin menggila, dan lubang ozon makin menganga. Apa kau sepakat denganku, Nin?

Aku selalu suka berada di sini, Nin. Kesejukan yang kurasa. Dan seringkali mengobati kerinduanku pada kampus dan suasananya yang hampir selalu membahagiakan.

Bagaimana tidak membahagiakan, jika di setiap sudutnya kau temukan cinta yang bertebaran?

Ilmu berterbangan di sini, Nin. Juga ukhuwah yang menyelimuti. Ada lingkaran-lingkaran cahaya yang kautemukan. Seperti juga halnya aku, kau pasti merasakannya juga, kan?

Aku pun masih ingat, Nin. Saat bermalam di sini bersamamu. Berburu seribu bulan. Malam itu dingin, tapi berada di sini bersama orang-orang sholeh membuatnya terasa hangat. Bukan begitu, Nin?

Hujan sekarang sudah mereda. Rasanya kusudahi saja tulisan ini. Ta'lim akan segera dimulai dan pekerjaan kita untuk besok belum juga selesai.

Terima kasih, Nin. Sudah membuatku menulis. Rasanya, saat aku mengingat tempat ini, seketika aku pula aku teringat padamu. Dan aku benar-benar bersyukur akan hal itu.

Selamat datang kembali, matahari!



Pelataran Masjid Salman ITB, 10.12.11
Di sore yang (kuharap) akan segera cerah setelah hujan...

2 comments: